Kegiatan Donor Darah

Pada tanggal 14 Agustus 2019 dalam rangkaian gebyar HUT RSIA Assalam ke 8 maka kami menggelar aksi sosial Donor Darah yang bekerjasama dengan PMI bagian Bank Darah Kab Bogor.
109 peserta terdaftar untuk mengikuti aksi ini namun tidak semua memenuhi kriteria sesuai ketentuan dari PMI diantaranya tidak boleh pada ibu hamil dan menyusui, tidak boleh pada orang yang mengkonsumsi obat secara rutin, tidak boleh pada wanita yang sedang haid dll.
Screening peserta dilakukan oleh team PMI dibawah komando dr Fuad seorang professional dokter yang cukup senior di kabupaten Bogor.
Peserta mengisi data yang diperlukan kemudian dilanjutkan pengukuran tensi serta pengecekan kadar HB nya jika lolos di dua pemeriksaan ini maka layak utk mendonorkan darahnya.
Biasanya pengambilan darah dilakukan sebanyak 350 ml hingga 500 ml tergantung kondisi pendonor.
Sesungguhnya tidak perlu takut untuk menjadi pendonor darah karena meski jarum yang digunakan memang lebih besar dari jarum biasanya namun petugas sudah cukup profesional melakukan sehingga tidak nampak dari sekian banyak pendonor yang kesakitan akibat ditusuk jarum.
Seusai diambil darah maka pendonor mendapat goody bag dari PMI yang berisi makanan dan suplemen agar pendonor bisa fit kembali.
Pada aksi donor darah kali ini kami bisa menyumbangkan 45 kantong darah berbagai golongan darah, in syaa allah bermanfaat dan menyelamatkan banyak nyawa di luar sana.
“Setetes darah anda sangat berarti buat kelangsungan hidup orang lain ” falsafah Donor Darah.
Sebaik baiknya manusia adalah yang bisa mendatangkan manfaat untuk orang lain.
Semoga kegiatan aksi donor darah ini bisa terus kami lakukan di waktu mendatang.

Categories:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *