RSIA Assalam

Awas Bahaya Monosakarida & Disakarida

Assalamualaikum Sahabat Assalam,

Hampir semua pembaca rubrik informasi kesehatan Assalam pasti pernah mengkonsumsi makanan yang saya sebutkan ini: permen, vitamin tablet, sayuran dan buah kalengan, serta mentega dan selai kacang. Ini merupakan sedikit contoh dari makanan yang mengandung gula dalam bentuk mono ataupun disakarida.

Zat ini cukup berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih karena didalam tubuh zat ini akan langsung dirubah dan ditimbun sebagai lemak dalam bentuk asam lemak jenuh yang jika beredar dalam pembuluh darah dengan mudah membentuk sumbatan karena sifatnya yang mudah lengket pada dinding pembuluh darah. Sumbatan ini dalam waktu lama akan berujung pada kondisi gawat darurat seperti stroke dan serangan jantung.

Memang benar bahwa gula adalah menjadi sumber energi jika dikonsumsi, namun yang salah dalam penerapannya adalah banyak pembaca yang mengkonsumsi gula bukan dalam bentuk alaminya seperti buah segar dan sayuran yang memiliki rasa manis. Banyak konsumsi gula dilakukan dalam bentuk diet makan olahan yang pastinya mengandung pemanis dalam bentuk zat yang telah disebutkan diatas.

Penggunaannya yang tidak bertanggung jawab dan berlebihan jika dibandingkan dengan aktivitas yang akan dilakukan membuat masalah ini terus saja terjadi. Dengan mengkonsumsi gula bentuk olahan atau non alami maka dampak yang ditimbulkan adalah kebalikan dari yang diharapkan.

Badan akan terasa mudah lemas. Ini disebabkan oleh tidak efisiennya sel darah merah karena mengandung asam lemak jenuh yang dihasilkan dalam melakukan transportasi Oksigen yang dibutuhkan oleh sel otot. Bahkan dalam kasus yang kronis maka konsumsi gula jenis ini akan membuat kasus baru seperti Obesitas yang dipicu oleh meningkatnya kadar kolesterol didalam darah sehingga menurunkan optimalisasi proses metabolisme. Ini juga yang menjadi pertanda bahwa kenaikan berat badan yang besar akan sejalan dengan kenaikan resiko terkena penyakit Gula atau Diabetes Mellitus. Mencari sumber gula yang sehat seperti buah dan sayuran serta olahraga dan istirahat yang cukup, akan membuat anda terjaga dari permasalahan diatas.

Untuk informasi layanan cek gula, pemeriksaan penunjang serta konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam, silahkan hubungi kontak yang tertera. Terima Kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat