RSIA Assalam

Keputihan pada Wanita

Assalamualaikum Sahabat Assalam

Ditemukannya lendir putih pada kemaluan wanita merupakan hal yang sering dikeluhkan. Hampir lebih dari setengah populasi wanita yang telah menikah pernah merasakan kondisi ini. Yang menjadi masalah adalah sebagian wanita menganggap ini merupakan kejadian yang biasa saja. Padahal diketahui bahwa keputihan memang ada yang bersifat normal atau fisiologis, namun ada juga yang berbahaya yaitu keputihan patologis yang merupakan hasil dari perkembangbiakan kuman. Keputihan yang fisiologis biasanya ditandai dengan lendir cair yang tidak melekat, tidak menyebabkan rasa gatal, tidak berbau dan akan hilang sendiri saat masa subur atau masa sebelum haid berlalu. Sedangkan yang berbahaya adalah keputihan yang bersifat patologis, karena ini merupakan hasil perkembangbiakan kuman, maka biasanya keputihan jenis ini memiliki warna kuning atau hijau tergantung dari kuman yang menyerang. Lendir akan mengeluarkan bau busuk dan menyebabkan rasa gatal yang sangat pada penderita. Untuk keputihan jenis ini maka sebaiknya penderita segera mencari pertolongan kesehatan. Dokter kandungan, dokter kulit kelamin atau bahkan dokter umum dapat membantu anda untuk menyembuhkan kondisi yang dialami.Karena angka kejadian penyakit ini sangat banyak dan situasinya dapat berkembang menjadi lebih buruk maka dibawah ini ada beberapa faktor terkait keputihan yang harus anda ketahui:

  1. Gaya Hidup. Wanita dengan aktivitas seksual yang intens atau suka berganti-ganti pasangan akan memiliki faktor resiko terkena yang jauh lebih tinggi jika dibandingan wanita yang sudah menikah dan melakukan aktivitas seksual hanya bersama dengan suaminya.
  2. Kebersihan bagian feminim wanita harus dijaga. Usahakan bagian tersebut dibersihkan dengan benar sesaat sesudah buang air kecil atau berhubungan seksual. Lap kering bagian tersebut dan seringlah mengganti celana dalam dengan yang bersih. Keadaan lembab akan memicu berkembangnya kuman atau bakteri penyebab.
    rsia_assalam
  3. Stres berlebih dapat menjadi faktor penyebab terjadinya keputihan. Hal ini disebabkan oleh adanya tekanan mental yang berlebih yang membuat keseimbangan hormon wanita tersebut terganggu. Adanya gangguan hormon inilah yang bertanggung jawab terhadap terjadinya keputihan.
  4. Adanya penyakit lain seperti gula akan membuat penderita lebih mudah terserang keputihan. Ini dikarenakan tingginya kadar gula yang dihasilkan oleh cairan organ intim wanita. Hal ini membuat organ intim menjadi tempat yang sangat sesuai bagi kuman untuk berkembang biak.
  5. Kondisi gangguan sistem kekebalan tubuh juga menjadi perhatian. Dimana penderita akan mudah terinfeksi walaupun hanya dengan flora normal yang ada pada area tersebut.
    Perhatikan dan tandai jenis keputihan yang menyerang anda, jangan sampai membiarkan keputihan yang berifat patalogis dengan kemungkinan komplikasi yang mengancam jiwa. Konsultasikan masalah kesehatan anda dengan para spesialis kami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat